Selamat membaca

Kamis, 18 Maret 2010

Hubungan Ruang -> ruang di dalam ruang

Setiap bangunan pasti memiliki ruang, tidak hanya satu ruang tapi ada beberapa atau bahkan lebih.

Setiap ruang memiliki fungsinya masing-masing oleh karena itu kita tidak boleh asal dalam menaruh sebuah ruang dalam bangunan.

Berbicara soal ruang, ruang memiliki hubungan antara satu dengan lainnya, ada beberapa jenis hubungan ruang yang biasa kita jumpai pada bangunan diantaranya yaitu : ruang di dalam ruang, ruang yang saling berkait, ruang bersebelahan, dan ruang yang dihubungkan oleh ruang.

disini saya akan menjelaskan lebih mengenai hubungan ruang di dalam ruang.

Dalam jenis hubungan ruang ini, ruang yang lebih besar berfungsi sebagai suatu daerah tiga dimensi untuk ruang kecil di dalamnya.

Jika ruang yang di dalam berkembang ukurannya, ruang yang lebih besar akan mulai kehilangan artinya sebagai bentuk ruang penutup.

Jika ruang yang di dalam tadi terus diperluas, ruang sisa di sekitarnya akan menjadi semakin tertekan untuk berfungsi sebagai ruang penutup.

Ruang yang ada di dalam ruang dapat dibuat berbeda bentuk dengan bentuk luarnya untuk penegasan fungsi ruang atau bisa juga diubah arah ruang dengan ruang luarnya agar terlihat sebagai vokal point di dalam ruang tersebut.

foto dari plusmood.com / smart kios
foto dari plusmood.com / smart kios

Tidak ada komentar:

Posting Komentar