Selamat membaca

Selasa, 20 April 2010

Transformasi Bentuk Dengan Pengurangan


Dalam arsitektur sering kita lihat bangunan yang memiliki bentuk yang berbeda pada bangunan umumnya tak sedikit juga bangunan memiliki bentuk yang unik.
 Bentuk itu semua berasal dari bentuk awal yang sudah dirubah dan dimanipulasi menjadi bentuk yang baru atau berbeda dari bentuk sebelumnya.
Transformasi bentuk atau perubahan bentuk bisa didapat melalui berbagai variasi seperti dengan perubahan dimensi bentuk, pengurangan beberapa bagian dari bentuk awal, dan penambahan beberapa bagian bentuk.

Disini saya akan menjelaskan perubahan bentuk dengan mengurangi volume bentuknya.

Jadi suatu bentuk dapat diubah dengan mengurangi sebagian dari volumenya.
Tergantung dari banyaknya pengurangan, suatu bentuk mampu mempertahankan identitas asalnya atau diubah menjadi bentuk yang lain sama sekali.
contoh, bangunan dibawah ini :

Casa da musica (Porto, Portugal)

www.architecture-page.com/go/projects/casa-da-musica


Rumah musik asal portugal ini memiliki bentuk dasar kubus dan dengan mengurangi sebagian dari volume bentuk awalnya, bentuk bangunan ini berubah menjadi bentuk yang baru atau unik.

Terlihat volume yang dikurangi yaitu dengan memotong miring semua sisi kubus dengan memperhatikan bentuk estetikanya sehingga terciptalah bentuk yang unik.

jadi dengan contoh bangunan ini sudah cukup jelas mengenai perubahan bentuk dengan cara mengurangi beberapa bagian volume bentuknya.

3 komentar: